Translate...

Minggu, 23 Oktober 2011

mengganti template


Setelah tutorial membuat blog pada bloger, sekarang kita akan belajar untuk "Memasang Template Pada Blog" untuk mempercantik tampilan blog yang kita buat.

Pertama-tama anda login pada blogger.com, setelah itu masuk ke perancangan, masuk keedit HTML, sebelum anda memulai untuk mengedit, sebaiknya anda backup terlebih dahulu template yang ada, Seperti gambar berikut :

Gambar 1 Memasang Template Pada Blog

kemudian anda klik Download Template Lengkap seperti ditunjukan panah pada gambar 1 No.1, setelah itu anda save template anda.
Langkah selanjutnya adalah mencari template yang anda inginkan, anda dapat mencarinya melalui mesin pencari Google atau anda bisa mengunjungi situs http://btemplates.com/http://blogtemplate4u.com/ atau di http://www.zoomtemplate.com/. dalam pembahasan ini, saya akan menggunakan template dari http://www.zoomtemplate.com/, jika anda tidak tahu langkahnya, maka saya akan coba memandu anda, sekarang silahkan buka situs zoomtemplate, kemudian anda akan melihat tampilan berikut :

Gambar 2 Memasang Template Pada Blog

Pada situs ini terdapat banyak template dan dapat anda download secara gratis dengan ketentuan anda tidak boleh mengganti hakcipta template tersebut. Sebagai contoh, saya akan mengambil template "Abtely", anda klik tulisan template yang anda ingin yang berwarna orange di samping kiri tanda panah no.1, setelah itu anda akan menemui jendela berikut :

Gambar 3 Memasang Template Pada Blog

Setelah anda melihat jendela diatas, maka jika anda ingin melihat cara pemasangan untuk blog anda, silahkan anda klik Live Demo No.2, sedangkan jika anda akan download template yang anda inginkan, silahkan tekan Download Theme No.1, Setelah anda tekan dowbnload theme, anda akan menemui jendela berikut :

Gambar 3 Memasang Template Pada Blog

Setelah itu, silahkan anda baca terlebih dahulu TERMS OF USE & LICENCE, jika anda sudah mengerti silahkan anda download template tersebut dan simpan di komputer anda.
Biasanya template yang anda download berbentuk extensi zip, maka ekstrak terlebih dahulu template yang telah anda download. setelah itu, kembali lagi buka blog anda pada tab "Perancangan", edit HTML.

Setelah itu, untuk lebih memperjelas saya akan memandu anda dengan menggunakan gambar 1. setelah selesai ekstrak template, dan membuka blog, sekarang anda uploadtemplate anda dengan menekan choose file seperti yang ditunjukan pada gambar 1 No.3, pilih file nama template yang anda download yang memiliki ekstensi *.xml, setelah itu anda tekan Unggah seperti yang ditunjukan pada gambar 1 No.4, biasanya setelah itu anda akan mendapat pertanyaan untuk menghapus atau mempertahankan Gadget yang telah anda buat sebelumnya, jika blog anda sudah banyak menggunakan gadget, silahkan anda pilih Pertahankan Gadget, Jika anda baru memulai Bloging, anda bisa menghapus gadget atau mempertahankannya.

Setelah itu ceklis "Expand Template Widget" seperti yang ditunjukan pada gambar 1 No.2, kemudian anda dapat memulai mengedit tampilan dengan mengubah kode HTML yang ada, jika anda ingin melihat tampilan setelah anda edit, maka silahkan anda klik "Pratinjau" seperti yang ditunjukan pada gambar 1 No.5, dan setelah anda selesai mengedit halaman blog anda, silahkan anda simpan template anda dengan menekan "Simpan Template" seperti yang ditunjukan pada gambar 1 No.6.

Sekali lagi saya ingatkan, sebelum mengedit, silahkan anda backup terlebih dahulu template yang ada.
SEMOGA BERMANFAAT...
^_^..

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 

Horas....!!! tuhita sasudena....Selamat Datang kawan-kawan..

Selamat datang di situs blog saya, maaf atas kekurangannya atau saya dianggap sok atau yang laennya, sebenarnya saya membuat blog ini sebagai tempat belajar saya, sebagai tempat memuaskan rasa penasaran tentang semua yang ingin saya ketahui Selengkapnya tentang saya

Sedikit Profil tentang saya

Nama Saya Raja inal ritonga, saya seorang siswa SMK S.Harapan Al-washliyah Sigambal.Saya jurusan komputer, Yang terletak di Rantau Prapat,Medan,Indonesia

Info